Provinsi Sulawesi Utara

Sulawesi Utara

Pariwisata merupakan salah satu sektor potensial yang dimiliki Sulawesi Utara sebagai salah satu sumber daya ekonominya. Potensi wisata di Sulut cukup beragam, di antaranya wisata alam, wisata bahari, dan wisata budaya. Keberadaan taman nasional, seperti Taman Nasional Laut Bunaken dan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, juga berpotensi sebagai salah satu aset wisata alam di Sulawesi Utara. Banyak daerah wisata alam di Propinsi Sulawesi Utara yang indah panoramanya.

Letak dan posisi geografis Sulawesi Utara, sebagai wilayah paling utara negara kita dan langsung berbatasan dengan Lautan Pasifik, memiliki potensi yang besar sebagai pintu gerbang keluar-masuknya kegiatan ekonomi regional dan global. Dengan demikian, wila¬yah ini mempunyai peluang yang cukup besar untuk mengembangkan kerjasama internasional, khususnya perdagangan dengan negara tetangga yang secara geo¬grafis berdekatan, seperti Filipina, dan Malaysia. Jika semuanya itu dapat dilihat secara jeli dan dimanfaatkan, daerah ini akan dapat menggalang kerjasama perdagangan regional dan internasional yang menguntungkan. Hal itu akan membuat wilayah Sulut menjadi salah satu pusat ekonomi di Indonesia yang me¬miliki prospek cerah. Itulah kelebihan daerah Sulawesi Utara.

Berada di Manado melihat potensi UKM  yang sebenarnya sangat besar, dari sektor kelautan, dari pertanian, industri kreatif dan terutama juga pariwisata.
Potensi pohon kelapa dengan segala kegunaannya mulai dari buah, batang, serabut, batok, daun dan lain-lainnya sangat perlu dikembangkan di  daerah ini. Pohon-pohon kelapa yang sudah tua-tua juga sangat perlu diremajakan dengan menanam secara besar-besaran pohon-pohon kelapa yang baru untuk kebutuhan masa yang akan datang.

Sehingga bukan hanya menjual bahan mentah saja secara bulk dan  murah tapi bagaimana menciptakan industri kreatif yang lebih berinovasi dari bahan baku yang sangat melimpah di daerah ini terutama di masa industri kreatif, selayaknya Sulawesi Utara dapat memegang peran yang sangat besar.

Potensi craft dari limbah sisik ikan juga sudah ada yang membuat disini dan sangat indah,  walaupun perlu dikembangkan dengan bentuk-bentuk yang sesuai dengan selera dan kualitas buyers terutama pangsa pasar ekspor. Minuman kesehatan dari buah manggis, jahe dan temulawak juga sudah diproduksi, dan semuanya terlihat masih kurang detail untuk mempromosikan dan mengembangkan produknya.

Potensi makanan Manado juga sangat besar yang bisa dijadikan oleh-oleh Manado yang dikemas seperti bubur Manado, kue-kue khas Manado yang  perlu lebih ditingkatkan lagi.

Sebagai pintu masuk daerah, sektor parawisata yang harus lebih dulu dikembangkan, apalagi kota Manado terlihat sangat indah dari hotel saya menginap saja Aryaduta lantai 6, dengan Bunaken di sebelah Barat dengan lautan yang terhampar, dan sepanjang mata berputar perbukitan dan pegunungan mengelilingi kota ini, gunung Klabat yang sangat indah dan lancip, gunung Lokon yang aktif dan tinggi dan selalu tertutup awan,  menawarkan pemandangan yang sangat menawan.

Potensi wisata menjelang Natal  juga besar saat kota  Manado berhias dengan ornament-ornament Natal yang indah dengan suasana pagi bangun disambut dengan lagu Natal dari kejauhan, entah gedung mana yang memutarnya, sambil mengagumi alam dan kebesaran Tuhan,  dan sungguh beragam bangsa ini gumam saya dalam hati.

Kota ini sungguh tidak bisa menunda lagi untuk bergiat, mengedukasi warga dan cepat bertindak apalagi di era digital ini sangat besar peluang untuk mengekspos potensi  dan rasanya akan banyak sekali yang tertarik untuk datang jika terekspos keindahan alam, fasilitas, keramahan dan kesiapan warga dan akan datang lagi jika memang kota ini memberikan dan mengolah potensi alam yang lebih kreatif dan indah dengan tidak habis-habisnya karena jika tidak maka potensi tertinggalnya pun akan terkumulasi semakin besar, terlampaui daerah-daerah lain.

#manado, sulawesiutara, bunaken, kelapa kopra, pemda sulut, wisatamanado, visitmanado, wisatabunaken, masakan manado